Jumat, 09 November 2012

PERTENTANGAN SOSIAL DAN INTEGRASI MASYARAKAT



PERTENTANGAN SOSIAL DAN INTEGERASI MASYARAKAT
v  Perbedaan Kepentingan
Perbedaan kepentingan adalah sifat alami jika ada persamaan kepentingan. Perbedaan kepentingan dari individu maupun kelompok bisa timbul akibat adanya perbedaan pendapat antar individu maupun kelompok dari perbedaan pendapat berubah menjadi perbedaan kepentingan yang akhirnya bias berujung damai ataupun berujung anarkis tergantung dari cara penyelesaiannya.

v  Prasangka Diskriminasi dan Ethosentris
Prasangka dan diskriminasi, prasangka adalah pendapat seseorang tentang sesuatu bahwa itu buruk tanpa memberikan kritik. Prasangka tidak nampak bila tidak dilakukan tindakan, dan bila sudah di lakukan tindakat dari prasangka tersebut itu dinamakan deskriminasi, dengan kata lain prasangka adalah sebuah perbuatan yang tidak nampak dan deskriminasi adalah tindakan dari prasangka yang nampak dan nyata.
Ethosentris sebuah pendapat yang menganggap kebudayaan milik dirinnya adalah benar dan mutlak. Ethosentris adalah sebuah perbuatan tidak sadar yang mengartikan dan menilai kebudayaan lain dengan kebudayaan miliknya sendiri, sikap ini di nilai canggung dan kurang terbuka
v  Pertentangan Sosial atau Ketegangan dalam masyarakat
Pertentangan sosial atau biasa disebut dengan konflik sosial yang biasa di artikan dengan pertengkaran atau perang sebenarnya memiliki arti yang lebih luas. Adapun yang menyebabkan pertentangan sosial yaitu seperti terdapat banyak individu yang terlibat dalam konflik tersebut, terdapat perbedaan pendapat atau tujuan yang sangat signifikan dari pihak-pihak yang bersangkutan, dan terdapat interaksi atau tindakan pada pihak-pihak yang mengalami konflik.
v  Golongan-Golongan yang Berbeda Dalam Integrasi Sosial
Integrasi sosial adalah proses penyatuan dan penyesuaian sifat dan unsure unsur yang berbeda baik dilihat dari segi individu maupun kelompok agar tercapainya keserasian fungsi. Contohnya adalah sebuah individu baru yang datang ke sebuah kelompok dengan budaya yang berbeda dimana kelompok dan individu tersebut bersikap komformitas terhadap kebudayaan satu sama lain tapi tetap tidak melupakan kebudayaan masing masing.
v  Integerasi Nasional
Integerasi nasional adalah kegiatan kerjasama warga Negara yang meliputi seluruh anggota masyarakat, individu, keluarga, maupun lembaga-lembaga dalam suatu Negara tersebut. Integrasi nasional bisa terjadi apabila Negara tersebut telah melakukan integrasi sosial secara baik dan sukses, dimana perbedaan kepercayaan, suku, ras petdapat dan unsur-unsur lainnya bisa disatukan dengan tenggang rasa yang tinggi antarsesama masyarakat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar